Lima Game Engine Pilihan Untuk Membuat Game Android
Lima Game Engine Pilihan Untuk Membuat Game Android
Posted on 2015-09-25 20:38:06 by Sulistiyo Nugroho

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna Android terbanyak di dunia. Bayangkan saja, untuk pengguna aplikasi opera mini saja ada lebih dari 30 juta penduduk Indonesia yang aktif menggunakan opera mini, bagaimana dengan mereka yang tidak menggunakan aplikasi opera mini? Pasti jauh lebih banyak. Dari puluhan juta pengguna Android di Indonesia, 43 persen pengguna mengunduh game untuk perangkat mereka. Hasil riset ini dikeluarkan oleh Mobo Market, toko penjual aplikasi Android besutan Baidu. Anggap saja pengguna android di Indonesia ada 30 juta, 43 persennya berarti hampir 13 juta pengguna android yang suka bermain game di perangkatnya. Pasar yang sangat besar bagi para pembuat game android.

Anda mungkin merupakan salah satu orang yang ingin memanfaatkan kesempatan ini dengan turut membuat game android. Pertanyaan berikutnya pun muncul. Dengan aplikasi apa kita dapat membuat game android? Artikel kali ini akan membahas lima game engine untuk membuat game android.

Construct 2 merupakan salah satu game engine yang cukup populer dengan teknik drag-and-drop-nya dimana kita tidak perlu memiliki pengalaman memprogram sebelumnya. Game engine ini merupakan game editor berbasis HTML-5 yang cepat dan mudah dipelajari untuk para pemula sehingga Construct 2 menjadi pilihan sempurna bagi orang-orang yang baru masuk ke dunia game development dan ingin membuat game pertama mereka.

Construct 2 memiliki 3 jenis lisensi untuk produk mereka, Free Edition, Personal License, dan Business Licence detail tentang perbedaan ketiga jenis lisensi dapat anda lihat di sini. Untuk pertama kali mencoba anda dapat menggunakan Free Edition yang mana telah memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk membuat game yang interaktif. Namun apabila anda ingin lebih serius lagi dalam mengembangkan game, anda bisa membeli personal license seharga Rp. 1.559.900.