7 Layanan yang Bikin Programmer Lebih Produktif
7 Layanan yang Bikin Programmer Lebih Produktif
Posted on 2015-09-25 20:37:55 by Sulistiyo Nugroho

Ketika bekerja sendiri sebagai programmer, tentunya kita membutuhkan suatu layanan yang dapat menyimpan hasil source code proyek yang telah kita selesaikan. Sedangkan jika bekerja sebagai tim, kita harus berbagi source code dengan tim agar proyek yang dihasilkan bisa lebih cepat dan produktif. Selain itu, kita juga harus mengatur ide dan task yang sudah selesai dan yang belum selesai serta hal-hal lainnya yang menyangkut manajemen pengembangan software. Untuk menangani hal tersebut, berikut layanan yang bikin programmer lebih produktif:

1. Bitbucket

Ada banyak repositori source code di dunia maya, salah satunya Bitbucket. Layanan Bitbucket merupakan layanan Git yang digunakan untuk menyimpan source code. Untuk memulainya, kita bisa mendaftarkan diri agar mendapat repositori pribadi dengan akun gratis. Ada banyak piliha saat mendaftar, untuk akun personal atau tim dengan jumlah 5 anggota masih gratis. Sedangkan untuk tim dengan jumlah 10 anggota harus membayar 10 $ tiap bulannya. Sedangkan untuk tim dengan jumlah 25 anggota harus membayar 25 $ tiap bulannya. Salah satu kelebihannya, repositori source code ataupun snippet code dapat diatur privasinya serta didukung SourceTree.

Kunjungi situsnya di https://bitbucket.org/

2. SourceTree

SourceTree merupakan klien GUI yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan Git dan Mercurial. Dalam aplikasi ini, kita bisa mengunggah dan menyalin repositori di berbagai layanan. Jika tak terbiasa dengan CLI, SourceTree bisa menjadi pilihan tepat. Namun SourceTree tidak crossplatform, hanya mendukung sistem operasi Windows dan MAC saja. Untuk Linux, SourceTree belum menyediakannya.

Kunjungi situsnya di https://www.sourcetreeapp.com/

3. Github

Github merupakan layanan repositori git yang sangat besar dan telah dikenal luas. Banyak varian repositori yang bisa diakses secara gratis sehingga menjadikan Github menjadi terkenal dengan layanan penyimpanan source code. Jika proyek kita bersifat open source, Github bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun kelemahannya, jika kita menginginkan privasi untuk proyek, kita harus membayar Github.

Kunjungi situsnya di https://github.com/

4. Slack

Ketika kita bekerja sebagai tim dengan kawan-kawan programmer lain atau dengan klien (mitra bisnis), kita membutuhkan fitur komunikasi yang handal. Jika dibandingkan dengan komunikasi email, tentunya terlalu lambat untuk kebutuhan bisnis saat ini. Kita memperlukan sistem komunikasi kelas enterprise.

Untuk menangani masalah ini, telah hadir Slack. Slack merupakan layanan pesan yang mirip ICQ. Apabila kita ingin menggunakan private message, hal tersebut tersedia. Didalam Slack, kita akan ditawarkan berbagai fitur menarik seperti pengiriman file dan aset digital lainnya secara cepat dan mudah. Dengan begitu, Slack mempunya kualitas yang baik untuk tim programmer yang bisa menghemat diskusi serta bisa menciptakan database dari topik yang telah dibahas.

Kunjungi situsnya di https://slack.com/

5. Trello

Trello merupakan layanan to-do list yang tidak hanya terbatas pada satu jenis saja. Jika kita ingin memiliki daftar ide maupun fitur terbaru, kita bisa membuatnya dengan Trello. Selanjutnya kita tinggal memindahkan source code terkait ke dalam to-do list. Hal ini bermanfaat ketika kita ingin mulai mengerjakannya.

Trello menjadikan aktivitas pengembangan software bisa diakses melalui perangkat mobile. Trello bisa digunakan secara bersamaan sebagai tim maupun personal. Selain gratis, Trello juga menawarkan fitur berbayar dengan kelebihan custom board dan emoji.

Kunjungi situsnya di https://trello.com/

6. Black Duck Open Hub Code Search

Layanan ini sangat berguna ketika kita stuck dalam membuat fungsi pemrograman yang diinginkan oleh klien. Sebenarnya banyak masalah pemrograman yang telah diselesaikan banyak programmer di seluruh dunia, jadi kita tak perlu memecahkannya dari awal. Layanan ini mempuyai miliaran source code solusi dari masalah pemrograman yang telah diselesaikan.

Kunjungi situsnya di https://www.openhub.net/

7. Cyberduck

Cyberduck adalah aplikasi yang sederhana, karena didalamnya terdapat klien FTP dengan fitur yang banyak dan tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti Linux, MacOSX dan Windows. Khusus untuk Linux, Cyberduck tersedia sebagai aplikasi CLI. Walaupun ikon aplikasi tersebut bebek lucu, namun jangan salah. Aplikasi ini sudah banyak dipakai oleh programmer di seluruh dunia.

Kunjungi situsnya di https://cyberduck.io/

Mengembangkan proyek software ataupun bisnis lainnya terkait IT menjadi hal yang populer saat ini. Untuk menangani kompleksitas kerja, kita bisa menggunakan layanan yang bisa bikin programmer lebih produktif.